February
19, 2020

MENGENAL LEBIH JAUH TENTANG PENYAKIT HATI (PENYAKIT LIVER); PENGERTIAN PENYEBAB DAN FAKTOR RESIKONYA

Sumber gambar hellosehat.com

Penyakit hati – Hati adalah satu dari sekian organ yang sangat vital untuk tubuh. Oleh karenanya, masalah yang berkenaan dengan hati haruslah ditangani sesegera mungkin. Ini dilakukan untuk mencegah resiko masalah. Penanganan sedini mungkin akan mengurangi dampak buruk yang ditimbulkan dari masalah tersebut.

Gangguan kesehatan yang melibatkan hati sendiri sangatlah banyak. Alodokter.com menjelaskan bahwa ada dua jenis masalah kesehatan yang melibatkan hati.

Masalah yang pertama adalah hepatitis. Hepatitis adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada hati. Penyakit ini biasanya ditimbulkan oleh infeksi virus. Pada perkembangannya, hepatitis sendiri terbagi menjadi beberapa bagian; ada yang ringan, ada juga yang tidak bisa disembuhkan.

Selain hepatitis, ada juga sirosis. Sirosis adalah penyakit hati yang disebabkan oleh pembentukan jaringan perut pada hati. Ini terjadi karena kerusakan hati dalam jangka panjang.

Baik hepatitis maupun sirois, keduanya sama-sama membahayakan. Keduanya sama-sama mematikan bila tidak ditangani dengan terlambat.

Di luar jenis penyakit tadi, ada juga abses hati; penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri. Penyakit ini sangat berbahaya karena dapat memunculkan lubang-lubang pada hati. Lubang tersebut dapat berisi nanah dan mengakibatkan penderitanya mengalami peradangan dan pembengkakan hati.

Tapi di luar daripada itu, secara umum semua penyakit yang disebutkan tadi adalah penyakit liver. Ragam sebutan dipengaruhi oleh faktor penyebab, resiko, dan tingkat kerusakan yang terjadi pada organ hati.

MENGENAL PENYAKIT HATI (LIVER); DEFINISI DAN FAKTOR PENYEBABNYA

Penyakit liver adalah penyakit yang paling sering dialami, terlebih oleh mereka yang tidak bisa menjaga pola hidup dengan baik. Penyakit ini akan memberi gangguan pada fungsi maupun fisiologis hati.

Penyakit ini disebabkan oleh banyak hal. Biasanya akan diawali oleh infeksi virus; untuk kemudian dilanjutkan dengan masalah yang lebih serius.

Pada tahap yang lebih serius penderita penyakit liver akan mengalami kerusakan pada organ hati. Umumnya berbentuk luka pada jaringan hati. Kondisi ini kemudian disebut dengan sirosis. Kerusakan ini bisa menyebabkan gagal hati, hingga kehilangan nyawa bagi penderita.

FAKTOR PENYEBAB PENYAKIT HATI

Di bawah ini adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan penyakit liver. Faktor-faktor berikut bisa Anda kenali dan jauhi untuk meminimalisir masalah penyakit liver.

  • Infeksi virus

Infeksi virus atau parasit menyebabkan kerusakan serius pada hati. Umumnya akan menimbulkan peradangan. Kondisi ini memicu penurunan fungsi organ dan menghambut kinerja hati itu sendiri.

Pada kasus yang lebih jauh gangguan infeksi ini menyebabkan penderita mengalami penyakit hepatitis; baik itu hepatitis A, B, ataupun C.

  • Masalah autoimun

Masalah yang lebih serius akan terjadi manakala faktor penyebab ini muncul. Anda bisa mengalami masalah kesehatan hati bilamana Anda memiliki autoimun. Autoimun sendiri adalah kondisi di mana sistem imun menyerang organ tubuh.

Pada kasus ini, penderita akan mengalami beberapa masalah kesehatan seperti hepatitis autoimun, sirosis biller primer, dan primery sclerosing cholangitis.

  • Pola hidup yang tidak sehat

Selain faktor-faktor tadi, pola hidup yang tidak sehat juga jadi faktor pemicu masalah liver. Anda bisa terkena  masalah liver saat memiliki pola makan tidak sehat dan penyalahgunaan alkohol kronis.

Itulah beberapa hal mengenai penyakit hati. Secara umum penyakit ini sifatnya global. Faktor pemicu menyebabkan penyakit turunan seperti hepatitis A, B, C, hepatitis autoimun, atau sirosis. Penerapan pola hidup sehat dan pola makan yang benar memungkinkan Anda sedikit terhindar dari masalah liver.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>